Kamis, 11 November 2010

Mencermati Nilai UTS-1

Kegiatan UTS-1 telah selesai. Seminggu berikutnya sekolah menjadwalkan untuk melaporkan hasil nya ke orang tua/wali siswa. Melihat hasil yang diperoleh siswa pada kegiatan UTS kali ini membuat sebagian guru (kalau tidak seluruhnya) geleng2 kepala. Betapa tidak nilai yang dicapai siswa (rata2) masih jauh dari KKM.
Saya katakan kepada kepala sekolah, pada kegiatan pembinaan hari Senin, bahwa kita harus melakukan evaluasi terhadap fenomena jeleknya nilai UTS ini. Harapan saya dari evalusi ini akan ada langkah yang harus kita lakukan, baik secara bersama-sama, maupun langkah individual sesuai dengan tugas dan kewenngan yang melekat pada diri masing2 guru mapel. Sehingga dikemudian hari pengalaman ini tidak terulang lagi. Namun yang terjadi adalah saya harus bersabar untuk mendapatkan jalan keluar yang memuaskan, berhubung karena suatu hal, kepala sekolah segera menutup acara pembinaan pada hari senin tersebut.
Namun saya tetap berharap semoga teman2 guru masing2 memiliki sikap merasa prihatin terhadap fenomena jeleknya nilai UTS kali ini. Semoga...

1 komentar: